Terbaru
recent

Rekomendasi Aplikasi Android Setelah di Root

Rekomendasi Aplikasi Android Setelah di Root - Bagi sebagian pengguna Android mungkin perangkat kamu sudah di root dan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root, ada yang sekedar ikut-ikutan meroot ponsel tanpa tau resiko dan penggunannya, sebagian yang di root karena ingin menginstall aplikasi yang membutuhkan otorisasi root, dan ada yang benar-benar melakukannya untuk kebutuhan perangkatnya. seperti kostumisasi tampilan atau hanya sekedar eksperimen (oprek).
Sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu root berikut penjelasan yang dikutip dari Wikipedia :
"Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux(termasuk Android). Intinya, root memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android."
Jadi pada dasarnya root itu sama dengan sistem administrator yang ada di windows, yaitu ijin hak akses untuk mengakses dan memodifikasi seluruh isi file sistem operasi perangkat Android kamu.
Untuk meroot/rooting Android kamu pada setiap perangkat  caranya berbeda-beda sesuaikan dengan merek dan tipe dari smartphone kamu, contoh untuk tutorial root cross a26 bisa dilihat disini : Tutorial Root Cross A26 Android
Dan untuk tutorial root perangkat Android lainnya bisa googling sendiri disertakan dengan merek dan tipe smartphone kamu.

 Berikut ini RajaAndroid rekomendasikan aplikasi apa saja yang dibutuhkan setelah perangkat Android kamu di root :

1. Root Explorer








Seperti namanya Aplikasi ini berfungsi sebagai file explorer yang dikhususkan untuk perangkat Android yang sudah diroot, jika pada aplikasi file explorer biasa kita hanya bisa mengakses isi file pada penyimpanan internal dan microsd saja seperti membuka file foto, musik, dan lainnya.  Dengan aplikasi ini kita dapat mengakses seluruh isi file sistem perangkat Android kita.


2.  Greenify 







Aplikasi ini semacam aplikasi task killer pada umumnya hanya saja aplikasi ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi task killer lainnya yaitu dapat dipadukan dengan xposed framework. Aplikasi ini berfungsi untuk menghibernasi seluruh aplikasi yang berjalan pada RAM sesuai keinginan kita, tanpa terkecuali aplikasi apapun itu baik aplikasi biasa atau aplikasi sistem sehingga dapat melegakan RAM, tentunya dengan otorisasi root.
Tetapi perlu diingat jangan sembarangan menghibernasi aplikasi sistem karena itu akan berakibat crash pada sistem.
Aplikasi ini juga sudah tidak asing lagi bagi para opreker Android untuk memaksimalkan performa Android yang spesifikasi RAMnya kecil sehingga meminimal terjadinya lag pada saat bermain game, atau membuka aplikasi yang membutuhkan RAM besar.


3. Lucky Patcher 







Pernah berpikir untuk menikmati aplikasi premium dengan gratis? seperti membeli gem, coin, atau lainnya secara gratis? Coba aplikasi ini kalian dapat mempatch/crack suatu aplikasi baik itu game atau aplikasi lainnya yang membutuhkan biaya. aplikasi ini mempunyai beragam fitur contohnya seperti google emulator billing, remove ads, remove license, dan masih banyak lagi. sayangnya menurut RajaAndroid aplikasi ini hanya bekerja maksimal pada aplikasi offline, tetapi bukan tidak mungkin bisa untuk aplikasi online ada beberapa yang bisa, dan sisanya..... belum saatnya bisa. hehe
jadi sesuai namanya yaitu Lucky Patcher. coba peruntunganmu dengan mempatch aplikasi kamu sendiri!!!


4. DroidSail Super App2SD








Dari berbagai macam aplikasi sejenis menurut RajaAndroid ini yang paling The Best :) Singkatnya Aplikasi ini berfungsi untuk memindahkan seluruh aplikasi yang terinstall di penyimpanan internal/penyimpanan telepon ke micro sd/kartu memory. tentu ini berguna apabila penyimpanan internal ponsel kita terbatas, dan kita ingin menginstal banyak aplikasi, DroidSail Super App2SD adalah solusinya..


5. Anti Virus/Malware









Oke sementara ini aplikasi terakhir yang RajaAndroid rekomendasikan, kenapa kita perlu Aplikasi Anti virus/malware untuk Android? Jawabannya adalah karena Android kita sudah di root!!! karena yang sudah di root tingkat ancamannya lebih tinggi dari yang belum diroot.
Disini banyak yang tidak menyadari dari bahayanya setelah di root, RajaAndroid sudah menjelaskan di atas bahwa root itu mengijinkan kita untuk mengakses seluruh file sistem, jika hanya kita yang mengakses mungkin tidak masalah, lalu bagaimana jika ada pihak ketiga yang menyalahgunakan otorisasi dari root? mungkin banyak yang bertanya, loh bagaimana bisa? Oke RajaAndroid akan jelaskan apakah kalian pernah mendengar yang namanya Malware? malware adalah sejenis program jahat yang ditujukan untuk mencuri, mengakses, dan memata-matai korbannya dengan cara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan korban itu sendiri contohnya seperti mencuri password(keylogging), melihat pesan, menggunakan kamera ponsel kita dari jarak jauh dan bahkan mencuri nomor kartu kredit!!!. Lalu bagaimana caranya mereka dapat melakukan itu semua? yaitu dengan menyisipkan kode program jahat mereka ke aplikasi Android yang sudah mereka kostumisasi sedemikian rupa sehingga menyerupai Aplikasi Android aslinya. tentu ini menyulitkan kita untuk memilah dan memilih mana aplikasi yang mengandung malware dan mana yang tidak, sekedar mengingatkan bahwa Aplikasi di Playstore pun belum tentu 100% aman!!!. maka dari itu, tugas dari Anti virus/malware yaitu untuk memperingatkan, mencegah, dan memproteksi kita dari bahaya malware tersebut.
Disini RajaAndroid tidak menyertakan daftar aplikasi antivirus/malware yang direkomendasikan, maka silahkan kalian cari sendiri di Playstore.

Jadi kesimpulannya root itu menyenangkan. tentu jika kita telah mengetahui aplikasi apa saja yang bermanfaat setelah di root. dan tentu kita juga harus tahu resiko dari root itu sendiri..
Setiap yang menyenangkan itu pasti ada resikonya. hehe
Sooo, keep your safe and have fun guys...

Dilain waktu RajaAndroid juga akan merekomendasikan aplikasi lainnya di bagian kedua dari arikel ini. dan nantikan artikel-artikel lainnya yang bermanfaat..

Sumber : Raja-Android.co

"Note : Hargai penulis, sertakan sumbernya jika ingin menyalin/copy-paste artikel ini, Thanks"

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.